Cara Membuat Pupuk Kompos Dengan EM4


Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh. Greetings. This time I will show how I make compost. The organic material that I use is wild plants that have been cut into pieces. We will water the organic material or mix it with decomposing solution, which consists of water, sugar, and EM4 liquid. Let’s make the solution. Add sugar. Then, enter EM4 with a ratio of sugar, EM4 and water, which is 1:1:50. Then, stir until the sugar dissolves. EM4 stands for effective microorganism 4. EM4 contains fermented soil organic matter, which can fertilize plants, and nourish the soil. The use of EM4 yellow bottles like this is intended for plants. At the back of the bottle packaging, the EM4 usage instructions are printed. There are 3 ways to use it. The first method is the method I practiced this time, namely making solid bokashi fertilizer or we know it as compost. Now, after the sugar has dissolved completely, let’s mix this solution with the mixture of organic matter. Enter organic ingredients little by little, we arrange layer by layer, then we put a portion of the decomposition solution. Mix organic matter with layer-by-layer solution, so that the decomposition solution is spread evenly in the mixture. So that it can speed up cooking of compost. So that the decomposition solution is more evenly spread, we mix the mixture. If there is still a decomposition solution remaining, we can add it again. Well, after being evenly mixed, we put the mixture back in the compost tub. It’s finished how to make compost. All we need to do is wait for about 1 month (errata) so the compost fertilizer cooks perfectly. Keep trying and good luck.

100 thoughts on “Cara Membuat Pupuk Kompos Dengan EM4

  1. Terima ksh atas ilmunya, enak nih penjelasannya, gk bnyak euh euh pokonya gk bertele tele, tp ibu tanya, itu botol apa sih yg d pake nakar gula sama em 4 , blm tentu semua orang punya botol itu, bagaimana klo nakar gula pake sendok makan, semua orang insyaa Alloh punya, trus em 4 nya pake tutupnya sj. Nah klo alat yg ibu sbtkan yg d pake brp takaran yg d gunakan, soalnya ibu ingin sekali membuatnya, ibu kan tanam bbrp macam sayuran juga d poly bag , trima ksh sebelumnya.

  2. Asallamualikum mas.itu kompos gunanya sama ea mas seperti pupuk kandang.trs kompos bisa ya klo jd pengganti pupuk kandang buat campuran medium tanah sekam trs kompos.trs di masukin di pot..mas aku kan pnya EM 4 yg botolnya warna coklat itu trs kira2 bisa gk di pake buat bikin kompos..ap harus EM 4 yg warna kuning yg kaya di vidio itu.makasih mas..aku tunggu pencernaannya..

  3. Bgm cara menggunakan pupuk tersebut apakah diolah dgn tanah sebelum bibit ditanam ato dberikan setelah kita menanam tanaman?

  4. menambah khasah ilmu bagi petani dan memberikan referensi bagi penyuluh.
    kalau nga keberatan like dan subscribe balik ke chanel saya lewat : https://youtu.be/x0p1KE1pTTU

  5. bang, gulanya bisa dilarutkan pakai air panas dulu nggak? biar cepat larut, trus udah dingin pindahkan ke ember.

  6. Pak,kalau bukan pake EM4 tp sama komposisinya buat pengurai,bisa g pak?sama" pupuk organik cair buat penyubur tanah,

  7. Klo sdh jadi bentuk kompos seperti apa bentuknya ( tanah ) berwarna hitam/aslinya , lantas penggunaanya lgs di atas permukaan tanah pd tanaman ??? klo pot uk 40 cm seberapa banyak konposnya ???

  8. Salam sukses dek, bapak mau nanyak, kalau bahan nya kohe ayam yg sudah kering, berapa lama jadi baru jadi kompos nya ?,

  9. cara fermentasi kotoran ayam supaya jd kompos apakah caranya sama? dan untuk fermentasi kotorannya apakah harus dikeringkan dulu atau bisa masih basah?

  10. Dalam prsoses pengomposan disimpan di tmpt panas yg terkena sinar matahari/di luar rmh atau di simpan di tmpt yg sejuk?
    Mohon balasannya. Mksh

  11. Mantaf GAES pengalamanya dan bermanfaat buat temen temen yg lain.
    Dan jgn lupa mampir ke caenelku dan SUBCRIBERnya juga ya gaes

  12. mas didaerahkami jerami dan jagung habispanen dibakar bagaimana kalodiprmentasikan apakah pakai kohe ganti kohe humus bisa brapa perbandingannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *