Tips Pemberian Vetsin untuk Pupuk Bunga Anggrek


How to Give MSG Vetsin as Orchid Fertilizer Hello youtuber, welcome to my gardening channel. This time I would like to share my experience about using Monosodium glutamate / MSG as fertilizer for orchids. Micin, Ajinomoto, Miwon, MSG or whatever the name is, that the same Monosodium glutamate. I use MSG for my Orchids because the fertilizer that I usually use is I don’t have it anymore for last two months. Usually I use liquid fertilizer from Schwerter.de the website url you can find on the below of this video, on video description. I wait to buy liquid fertilizer because I also want to buy some new orchids, that for long time I dream about it LOL . I will by two bottles of liquid fertilizer. I want to buy orchids native from Indonesia where Schwerter indeed order or buy direct from Indonesia. Well I can’t and I don’t want to buy orchids directly from Indonesia, big risks being held by Germany’s customs, so I’d better buy them from online store in Germany. I mix one teaspoon of MSG to 5 liters of water, later on the next month you can increase the dose up 3-5 tablespoons msg to 5 litres of water. The water I use is rainwater. I filter it. Why rain water because rainwater is good for orchids. Orchid originally comes from the forest, so they get rainwater from the nature for life. If rainwater is being discharged, such as on summer, to use tap water does not matter. After 2 months using Monosodium glutamate / MSG as fertilizer for my orchids, I amazed once, my orchids grow well as before. I will show you my orchids one by one. first one Cattleya, young plant. just a look, it has larger leaves. There is also new green shoots are nice. Then for the paphiopedilum their foliage really fresh. These orchids originally from Taiwan Haraella retrocalla. He avidly flowering every year. This new show next to here there are new again a new flower spike. Then the following phalaenopsis celebensis Sulawesi origin from Indonesia. This is a young plant Orchid. I love to see the pattern of the leaves, and the leaves are also good. I did not expect this Orchid blooming, because this is a young plant Orchid. Chelonistele sulphurea, is fertile, and its vegetation has been flowering twice, really nice flowers. And I’ve seen today, there flower spike appears. This leaves drying, should be removed. I hope this flower spike. This one, can you see? The leaves are also good. This Cattleya I bought 2 years ago, has never flowered again since purchased. There are several new pseudobulb come. And it appears it seems to designate the flowers spike. A new pseudobulb. This another pseudobulb, I am so happy. I hope next year this cattleya give more than one flower. When I was buy this orchid, I was forget to make a picture from the flower. But I remember the flower was big and smelt good in the early morning. May the flowering, since that time I have not forgotten the flower recording the flower, but this big and Nice. Cattleya orchid blooming if the pseudobulb is already large (adult). Most craze is the phalaenopsis root, the orchid of the month. See the aerol roots? Wow that a lot. orchids growing fantastic after given micin. I use MSG for my Orchids 1-2 times in a month. Do not directly sprinkle above the planting medium but dilute with water before used. Okay youtuber, I am happy to share my experience about using Monosodium glutamate / MSG as fertilizer for orchids. Thank you that you watch my video till end. If my video help you, and you like it, thumb up, subscribe and share would be make me very happy 🙂 . If you have also experiences how to uses the micin (MSG) for your orchids, please share in the comments field. Thank you for watching, see you again, happy growing from Germany.

94 thoughts on “Tips Pemberian Vetsin untuk Pupuk Bunga Anggrek

  1. permasalahanya bukan mahal atau murah nya harga bunga klo sampai overdosis.kasiankan klo tanaman kita mati akibat kecerobohan pemupukan? hanya pada kita lho dia berharap belaian kasih sayang he he

  2. Terima kasih buat yg kasih like, yg kasih dislike saya tetap mikir positif mungkin salah pencet ya? hehe, klo dipencet ulang disllikenya hilang ko haha.. Apapun call to action yg kalian berikan terima kasih sdh menonton video saya. Fyi saya pecinta anggrek tinggal di negara 4 musim (niatnya pengen punya koleksi anggrek2 Indonesia), kali aja ada yg merasa aneh kenapa saya merawat semua anggrek2 saya dirumah, ya krn di negara 4 musim, tanaman2 anggrek hanya bisa taruh diluar rumah saat summer, selain summer anggrek bakalan mati.

    Apa tidak terlalu rendah dosis 1 sdt?, selagi anggrek2 saya masih sehat, tumbuh bagus dan berbunga, maka saya tidak mau menaikkan dosis/takarannya. Apapun yang berlebihan tidak bagus kan.

    Nah kalau misal setelah dikasih 1 sdt tidak mujarab, anggrekmu begitu saja pertumbuhannya dan tidak berbunga, bulan berikutnya bisa dinaikkan dosisnya, menjadi 1 sdm untuk 5 L, bulan berikutnya naik lagi jadi 1 sdm untuk 1 liter. Mulailah dari sosis rendah dahulu supaya anggreknya tidak mabok micin! hehe. Salam anggrek 🙂 .

  3. Anggrek bulan saya daunnya ada yg layu dan warna agak menguning…apakah msh bisa diselamatkan bun? Bagaimana caranya

  4. Sy apresiasi vidio ibu sgt bermanfaat sekali, karena anggrek bulan mmg agak susah perawatanya , sy beli anggrek bulan krn blm paham perawtannya daunya kalau kepnasan atau terlalu basah nyiramnya akan bermasalah

  5. 👍👍👍👍👍mau tanya bu,, itu anggrek bulan klw media tanamnya hanya pakai air/full air sj bagus tdk bu?? klw tdk bagus sebaiknya pakai media apa yg paling bagus utk anghrek bulan?

  6. bun Benjamin, trims ya sdh sharing, tapi mo nanya nih saya pemula, baru ada 3 jenis anggrek di taman, kalo tunas baru tumbuh, apakah artinya akan segera berbunga? saya siram dgn air beras 1-2x per minggu kalau tidak hujan. micin blm pernah saya kasih

  7. ga sengaja nemu videonya mba nella, biasanya cuma baca blognya, thank u tipsnya, i like gardening too

  8. Haraella Retrocalla itu loh bu yg menarik. Anggrek mini yaa…beli dimana kalau di Indonesia ?

  9. Bun saya punya bibi anggrek botol udah hampir 3 bulan gk bisa tumbuh besar, ukurannya masih kecil seperti pertama bli. Kalo saya ksi micin bisa numbuh gk yaa,, tolong sarannya. Terimakasih😊

  10. Hallo mbak Nella… klo nyiram cabe pake micin kira2 mau numbuh subur gak ya? Ini suami aku lagi sayang2nya sama cabe yang dia tanem 🤣🤣🤣
    Tapi aku amazing banget waktu tau ternyata anggrek harus disiram pake air hujan…. widiiihhh gak nyangka banget..
    Btw aku udah subscribe 😄😄 semoga aku jadi termotivasi untuk tanan menanam walaupun aku keseringan lupa nyiram 🤣

  11. Penasaran si pengen nyoba tapi takut. Saya pake resep vitamin dari toko terus.
    Coba deh mba bikin pideo pas lagi nyampur sama nyemprot. Biar kita yakin hehe. Soal nya mahal kan takut mati.

  12. tante, semoga videonya bermanfaat bagi saya, dalam merawat anggrek, kalo boleh saya sarankan tambah koleksi Phalaenopsis bellina tante, bagus banget wangi bunganya…

  13. Bunda mau tanya, saya mulai menanam anggrek remaja sekitar 1 bulan belakangan, punya dendro, phalaenopsis, dan anggrek hutan yg di tempel di pohon depan rumah
    sebelumnya saya masih awam soal merawat anggek, saya memupuk menggunakan merk Growmore yg kandungan (N) besar
    tetapi dalam waktu 1 bulan anggrek bulan saya tidak ada perkembaangan pada akar atau daun, malah daunnya menguning bagian bawah
    untuk dendro sangat subur pertumbuhannya sampai batang pohon mengembung, dan anggrek hutan mulai keluar banyak tunas baru

    Menang anggrek bulan saya di taruh pada depan jendela terbuka yg terkena cukup cahaya dan angin
    kalo seperti ini permasalahannya apa ya bun?, terimakasih

  14. Vetsin atau micin memang effective untuk anggrek, murah, mudah didapat dan hasilnya luar biasa.
    Btw thanks atas video nya. Semoga menginspirasi pecinta anggrek lainnya terutama yg pemula seperti saya. 😀

  15. waaah anggreknya subur bgt ya say..makasih ya ilmunya. saya juga pakai msg buat bunga2 saya yang lain..hanya saja saya br tau bisa di berikam buat anggrek.waaah jadi mau cb nih…selamat hari Minggu😊

  16. Oh iya bun,, 1 anggrek bulan ku kuntum bunganya banyak, tapi yg mekar nya cuma beberapa buah,,sebagian belum sampe mekar udah layu duluan,, itu teh kenapa yah,,, daunnya sih subur dan kekar,, makasih

  17. Bundaa,,.. Sya mau nanya nih..
    Klo pemakaian pupuk air micin, air bawang merah/putih, air beras.. Berapa dosis..
    Mohon permaklumanya buunda, makasi 🙏

  18. Mau bertanya itu larutan micin nya disiram ke media dan akar apa semprot ke daun ya ? Terimakasih🙏

  19. Ya jadi gemuk2 e tak tahu tiba musim penghujan krna tinggal di Jawa kedatangan siput pada ngumpet e.daunnya habis 😂 dimakan siput

  20. Maknya benyamin, nanyak donk… Kalo misal hr ini saya siram air micin lalu besok saya siram air cucian beras apakah boleh..???
    Trimakasihhh… 🙏🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *